}

Mencaci Maki Pemimpin adalah Ciri Kaum Khawarij

 Manusia diutus di dunia ialah sebagai khalifah (pemimpin), minimal memimpin dirinya sendiri. Begitu juga dengan kehidupan berbangsa dan bernegara, dari tingkat desa hingga keatas yang dipimpin oleh seorang presiden sebagaimana di negara kita.


Sosok pemimpin itu juga seorang manusia biasa yang tidak maksum dan tidak lepas dari kesalahan dan kekhilafan dalam menjalankan roda kepemimpinan.

Namun, ada sebagian manusia langsung mencaci dan menghina pemimpin kala dianggapnya ia melakukan kesalahan ataupun kala sang pemimpin dirasa tak sejalan dengan keinginannya.

Jika pun pemimpin atau pemerintah melakukan kesalahan, tentunya ada prosedur tersendiri dalam memperingatkan atau mengkritiknya baik dengan perspektif hukum agama maupun hukum negara.

Maka, mencaci pemimpin tidaklah bisa dibenarkan dari sisi manapun. Bahkan, mencaci atau menghina pemimpin merupakan salah satu ciri manhaj kaum khawarij, kaum yang jauh dari tuntunan Nabi shallallahu’alaihi wa sallam.

__

Mungkin awalnya mereka ini hanya sekedar mengkritik dan membeberkan aib pemimpin dimuka umum di atas mimbar dan media-media lainnya. Namun ujung-ujungnya bisa membengkak hingga akhirnya menggiring masyarakat untuk membenci pemimpin, yang kemudian arahnya mengajak manusia melawan dan memberontak pada pemimpin.

Manhaj khawarij seperti ini tentu saja menyelisihi petunjuk Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam, karena mengingkari dan melawan penguasa merupakan sumber segala fitnah atau kerusakan sepanjang sejarah peradaban islam.

Bukti sejarah bahwa cara-cara seperti itu adalah cara yang digunakan para kaum khawarij, salah satunya berdasarkan riwayat Imam Tirmidzi dan selainnya dari Ziyad bin Kusaib Al-Adawi,

“Saya pernah bersama Abu Bakrah di bawah mimbar Ibnu Amir yang sedang berkhutbah sambil mengenakan pakaian tipis. Abu Bilal berkata: Lihatlah pemimipin kita, dia mengenakan pakaian orang-orang fasiq. Abu Bakrah menegurnya seraya berkata: Diamlah, saya mendengar Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang menghina pemimpin di muka bumi, niscaya Allah akan menghinakannya“” (Lihat Shahih Sunan Tirmidzi: 1812 )

Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan,

“Qa’adiyyah adalah orang-orang yang memperindah pemberontakan kepada pemerintah sekalipun mereka tidak memberontak secara langsung”. Kemudian dalam sebuah ayat Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

ÙˆَÙƒَذلِÙƒَ Ù†ُÙˆَÙ„ِّÙŠْ بَعْضَ الظَّالِÙ…ِÙŠْÙ†َ بَعْضًا بِÙ…َا ÙƒَانُÙˆْا ÙŠَÙƒْسِبُÙˆْÙ†َ. (الأنعام : 129).

“Demikianlah kami jadikan sebagian orang-orang yang dzolim itu menjadi pemimpin bagi sebagian yang lain disebabkan apa yang mereka usahakan”. (QS. al-An’am : 129).

Dalam menafsirkan ayat di atas, al-Imam Fakhruddin al-Razi berkata,

“Ayat di atas menunjukkan bahwa apabila rakyat melakukan kedzoliman, maka Allah akan mengangkat seorang yang dzolim seperti mereka sebagai penguasa. Sehingga jika mereka ingin melepaskan diri dari pemimpin yang dzolim tersebut, hendaknya mereka meninggalkan perbuatan dzolim.

Diriwayatkan dari Malik bin Dinar: “Dalam sebagian kitab-kitab Allah, bahwasanya Allah berfirman: “Akulah Allah, Penguasa raja-raja di dunia. Hati dan ubun-ubun mereka berada dalam kekuasaan-Ku. Barangsiapa yang taat kepada-Ku, aku jadikan raja-raja itu sebagai rahmat baginya. Dan barangsiapa yang durhaka kepada-Ku, aku jadikan raja-raja itu sebagai azab atas mereka. Janganlah kalian menyibukkan diri dengan memaki-maki para penguasa karena kezaliman mereka. Akan tetapi, bertaubatlah kalian kepada-Ku, maka akan Aku jadikan mereka mengasihi kalian.” (Al-Imam Fakhruddin al-Razi, al-Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib, juz 13, hal. 159. Ibnu Abil-‘Izz al-Hanafi dalam Syarh al-‘Aqidah al-Thahawiyyah).

Maka dari keterangan ayat dan penjelasan para ulama diatas dapat ditarik benang merah sebagai berikut :

▪️Kita wajib meyakini bahwa pemimpin yang terpilih semata-mata adalah takdir Allah.

▪️Pemimpin yang dzolim ialah cerminan masyarakatnya yang juga dzolim.

▪️Anjuran bertobat bagi masyarakat atau rakyat dari kedzoliman mereka.

Karena meskipun seorang pemimpin itu dzolim, kita tetap dilarang menghujat atau menghina pemimpin tersebut. Sebagaimana Sabda Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam,

Ù…َÙ†ْ Ø£َÙ‡َانَ السُّÙ„ْØ·َانَ Ø£َÙ‡َانَÙ‡ُ اللهُ. رواه الترمذي وقال: حديث حسن

“Barangsiapa yang menghina seorang penguasa, maka Allah akan menghinakannya.” (HR at-Tirmidzi [2224], dan berkata: “Hadits hasan”).

Hadits di atas memberikan pesan :

▪️Larangan menghina seorang pemimpin dan dianjurkan menasehati dengan baik serta bersabar atasnya.

▪️Maksud pemimpin dalam hadits tersebut, ialah setiap orang yang memiliki kekuasaan dan tanggungjawab terhadap kaum Muslimin seperti khalifah, presiden, amir, raja, dan semisalnya..

▪️Allah akan menghinakan orang yang menghina pemimpin di dunia, karena telah berusaha menghina seseorang yang diberi kemuliaan oleh Allah.

▪️Di akhirat kelak Allah akan menghinakan orang yang menghina seorang pemimpin, hal itu karena telah durhaka kepada Allah.

(Al-Imam Ibnu ‘Illan al-Shiddiqi, Dalil al-Falihin li-Thuruq Riyadh al-Shalihin, 3/124).

__

Abu Usman az-Zahid mengatakan,

“Nasihatilah para pemimpin, perbanyakanlah doa untuk mereka agar mereka melakukan kebaikan dan kebenaran dalam beramal dan menjalankan hukum. Sesungguhnya jika mereka baik, maka akan baiklah rakyat. Hati-hatilah kamu! Jangan sampai kamu mendoakan keburukan atau melaknat mereka, karena yang demikian hanya akan menambah kerusakan keadaan orang-orang Islam. Tetapi mintakanlah ampunan kepada Allah untuk penguasa (pemerintah dan pemimpin), semoga mereka meninggalkan perbuatan yang tidak baik, kemudian dihilangkanlah musibah dari kaum Muslimin”. (Al-Jamii Li Syu’abil Iman. 13/99. Al-Baihaqi. Cetakan Dar as-Salafiyah).

Wajib dipahami bahwa sebenarnya Islam mengajarkan untuk bersikap santun dan taat terhadap pemimpin. Karena seorang pemimpin itu merupakan representasi dari rakyat atau masyarakatnya sendiri.

Apabila masyarakatnya baik maka sangat mungkin pemimpinnya juga baik dan begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, islam melarang untuk menghujat dan menghina pemimpin meskipun ia pemimpin yang dzolim sekalipun, karena hal tersebut termasuk mengindikasikan bahwa dirinya sendiri juga termasuk orang yang dzolim.

Wallahua’lam Bisshawab..

[sebagian tulisan diambil dari tulisan seseorang (semoga Allah menjaganya)]

◾ 
Share:

Tidak ada komentar:

CLICK TV DAN RADIO DAKWAH

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran

Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Translate

INSAN TV

POPULAR

Cari