}

PENYESALAN YANG TIADA BERGUNA

Hasil gambar untuk padang mahsyarOleh
Ustadz Nur Kholis Kurdian

ูˆَู„َูˆْ ุชَุฑَู‰ٰ ุฅِุฐِ ุงู„ْู…ُุฌْุฑِู…ُูˆู†َ ู†َุงูƒِุณُูˆ ุฑُุกُูˆุณِู‡ِู…ْ ุนِู†ْุฏَ ุฑَุจِّู‡ِู…ْ ุฑَุจَّู†َุง ุฃَุจْุตَุฑْู†َุง ูˆَุณَู…ِุนْู†َุง ูَุงุฑْุฌِุนْู†َุง ู†َุนْู…َู„ْ ุตَุงู„ِุญًุง ุฅِู†َّุง ู…ُูˆู‚ِู†ُูˆู†َ

Dan (alangkah ngerinya), jika sekiranya kamu melihat ketika orang-orang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Rabbnya, (mereka berkata), “Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin [as-Sajdah/32:12]

PENDAHULUAN
Allรขh Azza wa Jalla , Dzat Yang Maha Penyayang, kasih-sayang-Nya meliputi segala sesuatu. Di antara petunjuk akan kasih-sayang-Nya, Allรขh Azza wa Jalla menciptakan alam semesta beserta isinya untuk kehidupan manusia, hamba-hamba-Nya. Tidak hanya itu saja, bahkan Allรขh Azza wa Jalla mengutus para rasul dengan membawa risรขlah (wahyu Allรขh Azza wa Jalla ) untuk disampaikan kepada mereka, agar mereka dapat menggapai kebahagiaan yang hakiki di dunia maupun di akhirat.

Meskipun demikian, tidak sedikit dari mereka yang masih berkubang dalam lembah kekufuran, mengingkari Allรขh Azza wa Jalla dan Rasul-Nya, tidak mempercayai surga dan neraka, juga tidak mengimani hari Pembalasan. Bahkan jumlah mereka jauh lebih banyak ketimbang kaum Mukminin. Tidak sebatas menolak ajaran Allรขh Azza wa Jalla dan dakwah para rasul-Nya, mereka bahkan berani memusuhi dan memerangi dakwah para rasul tersebut. Kendatipun telah diperingatkan dengan ancaman siksa Allรขh Azza wa Jalla yang akan menimpa orang-orang yang tidak beriman, namun mereka tetap pada pendirian mereka yang batil. Wallรขhul Hรขdi

PENYESALAN ORANG-ORANG KAFIR DI HARI KIAMAT
Melalui ayat di atas, Allรขh Azza wa Jalla mengabarkan tentang keadaan orang-orang kafir pada hari Kiamat, saat mereka menyaksikan langsung adzab neraka dengan mata kepala mereka sendiri. Pada saat itu, mereka menjadi yakin sepenuhnya bahwa mereka akan ditimpa adzab yang ada di hadapan mereka. Betapa malunya mereka di hadapan Allรขh Azza wa Jalla , sampai mereka menundukkan kepala. Betapa dalam penyesalan mereka saat itu, sampai mereka meohon kepada Allรขh Azza wa Jalla agar dikembalikan ke dunia untuk melakukan amal shaleh. Mereka mengatakan:

ุฑَุจَّู†َุง ุฃَุจْุตَุฑْู†َุง ูˆَุณَู…ِุนْู†َุง ูَุงุฑْุฌِุนْู†َุง ู†َุนْู…َู„ْ ุตَุงู„ِุญًุง ุฅِู†َّุง ู…ُูˆู‚ِู†ُูˆู†َ

“Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia. Kami akan mengerjakan amal shaleh. Sesungguhnya kami adalah orang-orang yakin.”

Maksud perkataan ini, sebagaimana dijelaskan Imam Ibnu Katsรฎr rahimahullah, “Wahai Rabb kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami ke dunia untuk melakukan amal shaleh, sesungguhnya kami sekarang telah yakin bahwa janji-Mu adalah benar dan perjumpaan dengan-Mu adalah benar.” [1]

Imam Qatรขdah rahimahullah mengatakan, “Demi Allรขh, mereka tidak berharap dikembalikan ke dunia untuk menjumpai keluarga dan kaum kerabat, akan tetapi mereka berharap dikembalikan ke dunia untuk melaksanakan ketaatan kepada Allรขh Azza wa Jalla . Lihatlah harapan dan keinginan orang-orang yang tidak melaksanakan ketaatan kepada Allรขh Azza wa Jalla ketika di dunia ! Karena itu, berbuatlah ketaatan kepada Allรขh Azza wa Jalla (sewaktu masih hidup di dunia).”[2]

Semakna dengan penggalan ayat di atas, firman Allรขh Azza wa Jalla :

ุฃَุณْู…ِุนْ ุจِู‡ِู…ْ ูˆَุฃَุจْุตِุฑْ ูŠَูˆْู…َ ูŠَุฃْุชُูˆู†َู†َุง

Alangkah terangnya pendengaran mereka dan alangkah tajamnya penglihatan mereka pada hari mereka datang kepada Kami [Maryam/19:38]

Ayat ini memuat dua shรฎghah al-ta’ajjub (bentuk takjub), kedua-duanya sebagai kinรขyah untuk mewakili ancaman siksa yang akan menimpa mereka.[3] Artinya, Allรขh Azza wa Jalla mengancam mereka dengan adzab yang telah mereka lihat dan mereka dengar. Ini menunjukkan bahwa penyesalan mereka pada saat itu tidak berguna, kenapa mereka baru mulai percaya saat itu? Mengapa ketika di dunia mereka menutup mata dan telinga terhadap peringatan para utusan Allรขh Azza wa Jalla ? Marilah kita simak firman Allรขh Azza wa Jalla dalam ayat yang lain :

ู„َู‚َุฏْ ูƒُู†ْุชَ ูِูŠ ุบَูْู„َุฉٍ ู…ِู†ْ ู‡َٰุฐَุง ูَูƒَุดَูْู†َุง ุนَู†ْูƒَ ุบِุทَุงุกَูƒَ ูَุจَุตَุฑُูƒَ ุงู„ْูŠَูˆْู…َ ุญَุฏِูŠุฏٌ

Sesungguhnya kamu berada dalam keadaan lalai dari (hal) ini, maka kami singkapkan dari padamu tutup (yang menutupi) matamu, maka penglihatanmu pada hari itu sangat tajam [Qรขf/50:22]

Mereka juga menyesali perbuatan mereka dengan cara menyalahkan diri mereka sendiri, seraya mengatakan ;

ูˆَู‚َุงู„ُูˆุง ู„َูˆْ ูƒُู†َّุง ู†َุณْู…َุนُ ุฃَูˆْ ู†َุนْู‚ِู„ُ ู…َุง ูƒُู†َّุง ูِูŠ ุฃَุตْุญَุงุจِ ุงู„ุณَّุนِูŠุฑِ

Andaikata kami dahulu mau mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu), niscaya kami tidaklah termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala [al-Mulk/67:10]

Ini menunjukkan betapa besar penyesalan mereka atas tingkah laku buruk mereka ketika di dunia. Akan tetapi, pada saat itu, penyesalan mereka sudah tidak berguna lagi. Ibarat nasi yang telah menjadi bubur. Andaikata penyesalan itu sebelum siksa berada di depan mereka (yaitu pada waktu mereka hidup di dunia), maka penyesalan itu akan bermanfaat bagi mereka. Mereka akan selamat dari siksa pada hari itu.[4]

Begitulah keadaan mereka pada hari Kiamat, malang tak dapat ditolak, mereka akan mengalami penderitaan siksa yang amat pedih akibat perbuatan mereka di dunia. Semoga Allรขh Azza wa Jalla melindungi kita darinya.

MACAM-MACAM PENYESALAN[5]
Ungakapan “penyesalan kemudian tidak ada gunanya”, sangat tepat untuk menggambarkan penyesalan orang-orang kafir, karena penyesalan mereka datang saat rasa sesal itu sudah tidak bermanfaat dan tidak berpengaruh untuk memperbaiki keadaan. Akan tetapi, jika setelah penyesalan itu masih ada kesempatan untuk memperbaiki apa yang disesalinya, maka penyesalan itu akan sangat berguna.

Ada dua macam penyesalan yang tidak bermanfaat bagi seseorang.
Pertama, penyesalan di waktu ajal tiba. Di antara contohnya adalah penyesalan orang-orang fรขsiq yang enggan melaksanakan kewajiban mengeluarkan sebagian harta mereka untuk bersedekah, sebagaimana yang telah disebutkan dalam firman Allรขh Azza wa Jalla :

ูˆَุฃَู†ْูِู‚ُูˆุง ู…ِู†ْ ู…َุง ุฑَุฒَู‚ْู†َุงูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ِ ุฃَู†ْ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุฃَุญَุฏَูƒُู…ُ ุงู„ْู…َูˆْุชُ ูَูŠَู‚ُูˆู„َ ุฑَุจِّ ู„َูˆْู„َุง ุฃَุฎَّุฑْุชَู†ِูŠ ุฅِู„َู‰ٰ ุฃَุฌَู„ٍ ู‚َุฑِูŠุจٍ ูَุฃَุตَّุฏَّู‚َ ูˆَุฃَูƒُู†ْ ู…ِู†َ ุงู„ุตَّุงู„ِุญِูŠู†َ

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata, “Ya Rabbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh” [al-Munรขfiqรปn/63:10]

Dalam ayat yang lain, Allรขh Azza wa Jalla juga mengkisahkan penyesalan Fir’aun ketika ajal menghampirinya. Allรขh Azza wa Jalla berfirman :

ุญَุชَّู‰ٰ ุฅِุฐَุง ุฃَุฏْุฑَูƒَู‡ُ ุงู„ْุบَุฑَู‚ُ ู‚َุงู„َ ุขู…َู†ْุชُ ุฃَู†َّู‡ُ ู„َุง ุฅِู„َٰู‡َ ุฅِู„َّุง ุงู„َّุฐِูŠ ุขู…َู†َุชْ ุจِู‡ِ ุจَู†ُูˆ ุฅِุณْุฑَุงุฆِูŠู„َ ูˆَุฃَู†َุง ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُุณْู„ِู…ِูŠู†َ ุขู„ْุขู†َ ูˆَู‚َุฏْ ุนَุตَูŠْุชَ ู‚َุจْู„ُ ูˆَูƒُู†ْุชَ ู…ِู†َ ุงู„ْู…ُูْุณِุฏِูŠู†َ

Hingga bila Fir’aun itu hampir tenggelam, dia berkata, “Saya percaya bahwa tidak ada Rabb (berhak diibadahi) melainkan (Rabb) yang dipercayai oleh bani Israil, dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allรขh). (Kemudian dikatakan kepadanya), “Apakah sekarang (baru kamu percaya), padahal sesungguhnya kamu telah durhaka sejak dahulu, dan kamu termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan”. [Yรปnus/10:90-91]

Kedua ayat di atas menunjukkan betapa tidak bergunanya suatu penyesalan ketika ajal sudah datang.

Kedua; penyesalan pada waktu siksa akan menimpa (pada hari Kiamat). Seperti yang telah disebutkan pada ayat yang kita bahas di atas dan pada ayat yang lainnya, seperti firman Allรขh Azza wa Jalla :

Allรขh Azza wa Jalla juga berfirman:

ูˆَุชَุฑَู‰ ุงู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠู†َ ู„َู…َّุง ุฑَุฃَูˆُุง ุงู„ْุนَุฐَุงุจَ ูŠَู‚ُูˆู„ُูˆู†َ ู‡َู„ْ ุฅِู„َู‰ٰ ู…َุฑَุฏٍّ ู…ِู†ْ ุณَุจِูŠู„ٍ

Dan kamu akan melihat orang-orang yang zhalim ketika mereka melihat adzab berkata, “Adakah kiranya jalan untuk kembali ke dunia?” [asy-Syรปrรข/42:44]

Jadi penyesalan, taubat maupun keimanan diwaktu kematian datang (sakaratul maut) atau di waktu siksa akan menimpa pada hari Kiamat, semuanya itu tidak bermanfaat bagi seseorang dan tidak diterima oleh Allรขh Azza wa Jalla .[6]

PERMINTAAN ORANG-ORANG KAFIR DI HARI KIAMAT[7]
Setelah kita mengetahui penyesalan orang-orang kafir pada waktu menyaksikan siksa Allรขh Azza wa Jalla pada hari Kiamat, maka marilah kita melihat permintaan apa saja yang mereka ajukan kepada Allรขh Azza wa Jalla yang timbul dari penyesalan mereka? Ada beberapa permintaan yang mereka ajukan, di antaranya :

1. Mereka meminta agar dikembalikan ke dunia supaya bisa melakukan amal shaleh. Amal shaleh, cakupannya sangat luas, mencakup ucapan dua kalimat syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, menunaikan haji dan lainnya. Permintaan mereka itu sebagaimana Firman Allรขh Azza wa Jalla di atas (as-Sajdah/32:12), dan ayat-ayat yang lainnya, seperti firman Allรขh Azza wa Jalla :

ูˆَุฃَู†ْุฐِุฑِ ุงู„ู†َّุงุณَ ูŠَูˆْู…َ ูŠَุฃْุชِูŠู‡ِู…ُ ุงู„ْุนَุฐَุงุจُ ูَูŠَู‚ُูˆู„ُ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ุธَู„َู…ُูˆุง ุฑَุจَّู†َุง ุฃَุฎِّุฑْู†َุง ุฅِู„َู‰ٰ ุฃَุฌَู„ٍ ู‚َุฑِูŠุจٍ ู†ُุฌِุจْ ุฏَุนْูˆَุชَูƒَ ูˆَู†َุชَّุจِุนِ ุงู„ุฑُّุณُู„َ

Dan berikanlah peringatan kepada manusia terhadap hari (yang pada waktu itu) adzab datang kepada mereka, maka berkatalah orang-orang yang zhalim, “Ya Rabb kami, kembalikanlah kami meskipun dalam waktu yang sedikit, niscaya kami akan mematuhi seruan-Mu dan mengikuti rasul-rasul”. [Ibrรขhรฎm/14:44]

Dalam ayat yang lain, Allรขh Azza wa Jalla juga berfirman;

ูˆَู‡ُู…ْ ูŠَุตْุทَุฑِุฎُูˆู†َ ูِูŠู‡َุง ุฑَุจَّู†َุง ุฃَุฎْุฑِุฌْู†َุง ู†َุนْู…َู„ْ ุตَุงู„ِุญًุง ุบَูŠْุฑَ ุงู„َّุฐِูŠ ูƒُู†َّุง ู†َุนْู…َู„ُ

Dan mereka berteriak didalam neraka itu, “Ya Rabb kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan melakukan amal saleh berbeda dengan yang telah kami kerjakan” [Fรขthir/35:37]

Dan masih banyak ayat yang lainnya yang menunjukkan permintaan mereka untuk dikembalikan ke dunia agar mereka bisa beramal shaleh.

2. Mereka mengharapkan ada yang mau (bisa) memberi syafa’at (pertolongan) bagi mereka agar selamat dari siksa Allรขh Azza wa Jalla , sebagaimana firman Allรขh Azza wa Jalla :

ูŠَูˆْู…َ ูŠَุฃْุชِูŠ ุชَุฃْูˆِูŠู„ُู‡ُ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ู†َุณُูˆู‡ُ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ُ ู‚َุฏْ ุฌَุงุกَุชْ ุฑُุณُู„ُ ุฑَุจِّู†َุง ุจِุงู„ْุญَู‚ِّ ูَู‡َู„ْ ู„َู†َุง ู…ِู†ْ ุดُูَุนَุงุกَ ูَูŠَุดْูَุนُูˆุง ู„َู†َุง ุฃَูˆْ ู†ُุฑَุฏُّ ูَู†َุนْู…َู„َ ุบَูŠْุฑَ ุงู„َّุฐِูŠ ูƒُู†َّุง ู†َุนْู…َู„ُ

Pada hari datangnya kebenaran pemberitaan Al-Qur’an itu, berkatalah orang-orang yang melupakannya sebelum itu, “sesungguhnya telah datang rasul-rasul Rabb kami membawa yang haq, maka adakah bagi kami pemberi syafa’at yang akan memberi syafa’at bagi kami [al-A’rรขf/7:53]

Akan tetapi, permohonan mereka tersebut tidak ada artinya, permintaan tersebut tidak dikabulkan oleh Allรขh Azza wa Jalla . Allรขh Azza wa Jalla telah mengetahui andaikata mereka dikembalikan ke dunia, niscaya mereka akan seperti semula, yaitu mendustakan ayat-ayat Allรขh dan menyelisihi Rasul-Nya.[8]

Allรขh Azza wa Jalla berfirman:

ูˆَู„َูˆْ ุฑُุฏُّูˆุง ู„َุนَุงุฏُูˆุง ู„ِู…َุง ู†ُู‡ُูˆุง ุนَู†ْู‡ُ ูˆَุฅِู†َّู‡ُู…ْ ู„َูƒَุงุฐِุจُูˆู†َ

Sekiranya mereka dikembalikan ke dunia, tentulah mereka kembali kepada apa yang mereka telah dilarang mengerjakannya. Dan sesungguhnya mereka itu adalah pendusta-pendusta belaka [al-An’รขm/6:28]

JANJI ALLAH AZZA WA JALLA PASTI TERLAKSANA
Selanjutnya, Allรขh Azza wa Jalla berfirman;

ูˆَู„َูˆْ ุดِุฆْู†َุง ู„َุขุชَูŠْู†َุง ูƒُู„َّ ู†َูْุณٍ ู‡ُุฏَุงู‡َุง ูˆَู„َٰูƒِู†ْ ุญَู‚َّ ุงู„ْู‚َูˆْู„ُ ู…ِู†ِّูŠ ู„َุฃَู…ْู„َุฃَู†َّ ุฌَู‡َู†َّู…َ ู…ِู†َ ุงู„ْุฌِู†َّุฉِ ูˆَุงู„ู†َّุงุณِ ุฃَุฌْู…َุนِูŠู†َ

Dan kalau Kami menghendaki niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk baginya, akan tetapi telah tetaplah perkataan (ketetapan) dariku; sesungguhnya akan Aku penuhi neraka Jahannanm itu dengan jin dan manusia bersama-sama [as-Sajdah/32:13]

Ayat di atas semakna dengan ayat:

ูˆَู„َูˆْ ุดَุงุกَ ุฑَุจُّูƒَ ู„َุขู…َู†َ ู…َู†ْ ูِูŠ ุงู„ْุฃَุฑْุถِ ูƒُู„ُّู‡ُู…ْ ุฌَู…ِูŠุนًุง

Dan andaikata Rabbmu menghendaki, tentulah semua orang yang ada di muka bumi itu beriman [Yรปnus/10:99]

Syaikh ‘Abdurrahmรขn as-Sa’di rahimahullah mengatakan, ”Semua ini terjadi atas takdir Allรขh Azza wa Jalla , yang mana Allรขh Azza wa Jalla telah membiarkan mereka berkubang dalam kekafiran dan kemaksiatan, oleh sebab itu Allรขh Subhanahu wa Ta’alaberfirman (dalam ayat diatas) yang artinya; Dan kalau Kami menghendaki, niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk baginya, ini menunjukkan bahwa Allรขh Subhanahu wa Ta’alamampu memberikan petunjuk kepada semua manusia jika Ia menghendaki, akan tetapi Allรขh Azza wa Jalla tidak menghendaki hal itu karena ada hikmah (yang tersirat didalamnya), oleh karena itu Allรขh Subhanahu wa Ta’alaberfirman yang artinya; “akan tetapi telah tetaplah perkataan (ketetapan) dariku”, yaitu ketetapan yang tidak akan berubah, “sesungguhnya akan Aku penuhi neraka Jahannanm itu dengan jin dan manusia bersama-sama”, ini merupakan janji Allรขh Subhanahu wa Ta’alayang pasti terlaksana, tidak ada yang bisa menolaknya, tentunya (hal itu) diiringi dengan adanya beberapa sebab yaitu kekafiran ataupun kemaksiatan. [9]

JAWABAN ALLAH AZZA WA JALLA ATAS PERMINTAAN ORANG-ORANG KAFIR[10]
Pada saat mereka meminta kepada Allรขh Azza wa Jalla dengan penuh pengharapan atas terkabulkannya doa mereka, Allรขh Azza wa Jalla menjawab permintaan tersebut dengan jawaban yang berbeda-beda, akan tetapi maknanya sama. Yakni, tidak mengabulkan permintaan mereka tersebut. Jawaban tersebut di antaranya, terdapat pada lanjutan ayat yang kita bahas kali ini, yaitu firman Allรขh Azza wa Jalla :

ูَุฐُูˆู‚ُูˆุง ุจِู…َุง ู†َุณِูŠุชُู…ْ ู„ِู‚َุงุกَ ูŠَูˆْู…ِูƒُู…ْ ู‡َٰุฐَุง ุฅِู†َّุง ู†َุณِูŠู†َุงูƒُู…ْ ۖ ูˆَุฐُูˆู‚ُูˆุง ุนَุฐَุงุจَ ุงู„ْุฎُู„ْุฏِ ุจِู…َุง ูƒُู†ْุชُู…ْ ุชَุนْู…َู„ُูˆู†َ

Maka rasakanlah siksa ini disebabkan kamu melupakan pertemuan dengan harimu ini (hari kiamat); sesungguhnya kami telah melupakan kamu pula dan rasakanlah siksa yang kekal, disebabkan apa yang selalu kamu kerjakan. [as-Sajdah/32:14]

Di dalam ayat yang lain, Allรขh Azza wa Jalla juga menjawab permintaan mereka dengan berfirman:

ุฃَูˆَู„َู…ْ ุชَูƒُูˆู†ُูˆุง ุฃَู‚ْุณَู…ْุชُู…ْ ู…ِู†ْ ู‚َุจْู„ُ ู…َุง ู„َูƒُู…ْ ู…ِู†ْ ุฒَูˆَุงู„ٍ

Bukankah kamu telah bersumpah dahulu ketika di dunia bahwa sekali-kali kamu tidak akan binasa?.[Ibrรขhรฎm/14:44]

Jawaban ini sekaligus sebagai celaan atas perkataan dan perbuatan mereka ketika di dunia.

Allรขh Azza wa Jalla juga menjawab permintaan mereka pada surat Fรขthir ayat 36 dalam firman-Nya:

ุฃَูˆَู„َู…ْ ู†ُุนَู…ِّุฑْูƒُู…ْ ู…َุง ูŠَุชَุฐَูƒَّุฑُ ูِูŠู‡ِ ู…َู†ْ ุชَุฐَูƒَّุฑَ ูˆَุฌَุงุกَูƒُู…ُ ุงู„ู†َّุฐِูŠุฑُ ۖ ูَุฐُูˆู‚ُูˆุง ูَู…َุง ู„ِู„ุธَّุงู„ِู…ِูŠู†َ ู…ِู†ْ ู†َุตِูŠุฑٍ

Dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (adzab Kami) dan tidak ada bagi orang yang zhalim seorang penolong [Fรขthir/35:37]

Ayat ini menunjukkan bahwa Allรขh Azza wa Jalla telah melakukan iqรขmatul hujjah (menegakkan hujjah guna mematahkan alasan-alasan) terhadap mereka dengan memberikan umur panjang kepada mereka yang cukup bagi mereka untuk memikirkan ayat-ayat Allรขh Azza wa Jalla ketika di dunia. Meskipun demikian, mereka tetap enggan memikirkan ayat-ayat tersebut, mereka lebih memilih kekafiran dari pada keimanan.

Allรขh Azza wa Jalla juga menjawab permintaan mereka pada surat al-Mu`minรปn ayat 37 dengan menghinakan mereka dalam firman-Nya:

ู‚َุงู„َ ุงุฎْุณَุฆُูˆุง ูِูŠู‡َุง ูˆَู„َุง ุชُูƒَู„ِّู…ُูˆู†ِ

Allรขh berfirman, “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan-Ku. [al-Mu`minรปn/23:108]

Demikianlah jawaban Allรขh Azza wa Jalla terhadap permintaan orang-orang kafir ketika mereka sudah berada di dalam neraka, permintaan mereka sama sekali tidak diperhatikan, bahkan mereka disuruh diam dan dilarang berbicara dengan-Nya. Sungguh, betapa besar kesengsaraan yang mereka alami, dan alangkah besar penyesalan mereka. Mereka mengalami kehinaan yang luar biasa di neraka.

Oleh sebab itu, menjadi kewajiban kita sekalian -selagi kesempatan masih ada- untuk beriman kepada Allรขh Azza wa Jalla dan menaati segala perintah-Nya, serta menjauhi segala larangan-Nya. Sebab, pelangaran terhadap syariat-Nya hanya akan menimbulkan kehinaan bagi para pelakunya.

Mudah-mudahan Allรขh Azza wa Jalla memberikan kemudahan bagi kita untuk mendapatkan hidayah dan tauhfik untuk berbuat baik sesuai dengan perintah Allรขh Azza wa Jalla dan petunjuk Rasul-Nya.

PELAJARAN DARI AYAT
1. Ancaman siksa bagi orang-orang kafir dan penyesalan mereka di hari Kiamat.
2. Penyesalan, taubat maupun keimanan seseorang pada saat kematian menjemput dan di saat mereka melihat siksa pada hari Kiamat, semua itu tidaklah bermanfaat bagi mereka.
3. Keinginan dan harapan orang-orang kafir untuk kembali ke dunia untuk melakukan amal shaleh setelah mereka mengetahui kebenaran siksa Allรขh Azza wa Jalla .
4. Penyesalan di hari Kiamat tidak berguna.
5. Ketetapan Allรขh Azza wa Jalla tidak berubah
6. Amal perbuatan manusia merupakan sebab bagi mereka untuk mendapatkan balasan baik ataupun buruk. Wallรขhu a’lam

[Disalin dari majalah As-Sunnah Edisi 07/Tahun XIV/1431/2010M. Penerbit Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta, Jl. Solo-Purwodadi Km.8 Selokaton Gondangrejo Solo 57183 Telp. 0271-858197 Fax 0271-858196]
_______
Footnote
[1]. Tafsรฎr Ibnu Katsรฎr (6/362), tahqรฎq Sรขmi bin Muhammad Salรขmah, Cet. II, Thn. 1420 H/1999 M, Dรขrut Taibah, Saudi Arabia
[2]. Ibid (6/494)
[3]. Tafsรฎr Ibnu ‘ร‚syur (16/40), Cet. I, Thn. 1420 H/2000 M, Mu’assasah Tรขrรฎkh al-‘Arabi, Beirut Libanon
[4]. Tafsรฎr Ibnu Katsรฎr (5/232)
[5]. Adhwรข’ul Bayรขn (3/574-575) secara ringkas dengan beberapa tambahan dari penulis
[6]. Termasuk penyesalan yang tidak berguna, penyesalan yang dilakukan ketika siksa Allรขh Azza wa Jalla telah datang untuk ditimpakan kepada kaum yang mendustakan Allรขh dan rasul-Nya di dunia, sebagaimana yang dialami oleh umat nabi-nabi terdahulu, kecuali Nabi Yรปnus q . Ketika ketentuan siksa telah tiba, penyesalan dan keimanan mereka tidak bermanfaat sedikit pun. Red)
[7]. Lihat Tafsรฎr ath-Thabari (19/76), Tafsรฎr al-Qurthubi (9/379), Adhwรขul Bayรขn (3/578)
[8]. Tafsรฎr Ibnu Katsรฎr (6/362)
[9]. Tafsรฎr as-Sa’di (1/654), Cet. I, Thn. 1420 H/2000 M, Muassasah ar-Risรขlah, Beirut.
[10]. Lihat Tafsรฎr ath-Thabari (19/76), Tafsรฎr al-Qurthubi (9/379), Adhwรขul Bayรขn (3/578)

Sumber: https://almanhaj.or.id/3540-penyesalan-yang-tiada-berguna.html

Share:

Tidak ada komentar:

CLICK TV DAN RADIO DAKWAH

Murottal Al-Qur'an

Listen to Quran

Jadwal Sholat

jadwal-sholat

Translate

INSAN TV

POPULAR

Arsip Blog

Cari